5 Hal Penting yang Baiknya Dilakukan Orangtua Saat Memandikan Anak

Memandikan bayi ternyata bukan hanya sekedar aktivitas memperat hubungan antara orangtua dan anak. Lebih dari itu, proses stimulasi yang diberikan untuk tumbuh kembang anak ternyata didapat lewat aktivitas rutin ini. Apa saja yang harus dilakukan orangtua saat memandikan anak, agar stimulasi yang diberikan dapat maksimal? Berikut beberapa hal yang dipaparkan dalam jumpa pers Johnson's di The Hall, Senayan City, Jakarta (26/2/2015) :
 
1. Mengobrol dengan bayi
Studi menujukan bahwa bayi yang diajak berbicara, memiliki kosa kata yang lebih luas ketika menginjak usia dua tahun. Selain itu, jumlah kata yang didengar anak hingga usia tiga tahun ternyata berkaitan dengan keberhasilan akademis di masa depan.

2. Bermain dengan gelembung 
Gelembung busa mampu membantu bayi mengembangkan koordinasi tangan dan mata, serta melatih kejelian mata bayi.

3. Mendengarkan musik pada saat mandi 
Hal ini dapat menstimulasi bagian otak yang berkaitan dengan ingatan. Selain itu, tentunya memberikan mood yang baik bagi bayi dan orangtua.

4.  Bermain dengan cipratan air
Hal ini akan mengajari bayi efek sebab dan akibat. Cobalah lakukan saat memandikan. 

5. Mandi dengan aroma yang menyenangkan 
Selain meningkatkan suasana hati dan kesigapan, kenangan dari aroma yang menyenangkan membuat bayi 30 persen lebih banyak berinteraksi dengan orangtua, dan mengurangi bayi menangis sesaat sebelum tidur (25 persen). 

Jadi mulai sekarang, jangan remehkan waktu mandi anak, dan peralatan mandinya. Berikan suasana nyaman dan menyenangkan sesering mungkin saat mandi. Efeknya, Anda sebagai orangtua juga akan mendapatkan kebahagiaan lewat aktivitas mandi yang bermanfaat dan menyenangkan.


Sumber : 5 Hal Penting yang Baiknya Dilakukan Orangtua Saat Memandikan Anak

Komentar