Beri Anak Wawasan Global Sejak Dini


MUNGKIN sebagian orang tua atau guru berpikir bahwa anak didiknya, atau anaknya adalah hanyalah sebagai warga negara biasa, tinggal di kampung yang jauh dari pusat kota, jauh dari hiruk pikuk dunia yang begitu dinamis, dan mereka tidak berpikir bahwa suatu saat nanti ada generasi dari anak-anaknya yang akan masuk menghadapi dan melewatinya bahkan mungkin anak-anaknya yang akan mewarnai peradaban di muka bumi ini.

Era globalisasi saat ini yang tanda-tandanya diantaranya adalah dimana batas-batas bumi semakin bias, seolah tidak ada jarak georgrafis yang memisahkan antara satu kota dengan kota lain, satu negara, dengan negara lain dan satu benua dengan benua lainnya. Kita akan menjadi warga bumi yang hanya dipisahkan oleh batas administratif saja. Informasi begitu cepat menyebar sampai ke pelosok-pelosok, begitupun efek arus globalisasi begitu kuat menerpa kita saat ini, dan tentu ke depan, arus ini akan terus bergerak semakin kuat menerjang anak-anak kita kelak dewasa nanti.

Oleh karena itu kita harus memiliki kesadaran bahwa anak-anak kita hari ini adalah mereka yang hidup di masa yang akan datang. Saat ini anak-anak kita belajar, di didik dan dilatih, tentu bukan hanya bekal untuk hari ini dan esok hari, tetapi kita persiapkan untuk hidup sepuluh, dua puluh, tiga puluh tahun yang akan datang dan seterusnya, dimana tantangannya tentu akan berbeda dengan apa yang dirasakan oleh kita saat ini.

Alangkah bijaknya, kita sebagai orang tua atau guru menanamnya kesadaran global ini kepada anak kita sejak dini. Dengan demikian, anak sejak dini sudah menyimpan memori dalam dirinya  bahwa dia adalah penduduk bumi dan bagian dari warga yang harus bertanggung jawab melestarikan dan memakmurkannya. Dari mana kita memulai, tentu dari kita, orang tua dan guru di sekolah. Kita sebagai orang tua atau guru terlebih dahulu yang harus memiliki wawasan global. Tidak mungkin wawasan global ini akan mengalir ke siswa bila kita sebagai orang tua atau guru justru berwawasan sempit atau lokal. 

Semangat pagi...


Sumber : Beri Anak Wawasan Global Sejak Dini

Komentar